PENGANTAR
PENDIDIKAN
(BENTUK
– BENTUK INOVASI PENDIDIKAN)

Oleh
:
NAMA : CITRA AULIA WULANDARI
NIM
: E1C113024
PRODI
: BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (Reg.Sore)
FAKULTAS
KEGURUN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MATARAM
2013
BENTUK-BENTUK INOVASI
PENDIDIKAN
Soal :
1.
Berikan 10 contoh - contoh usaha inovasi
pendidikan dalam pemerintah dan masyarakat?
Jawaban :
1.
Contoh-contoh usaha inovasi pendidikan
dalam pemerintah dan masyarakat yaitu :
a. Adanya
guru pamong;
b. System
KBK (Kinerja Berbasis Kompetensi);
c. Adanya
prinsip kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata);
d. Terciptanya
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK);
e. Adanya
dana BOS yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu;
f. Perubahan
kurikulum pendidikan;
g. Adanya
perpustakan keliling;
h. Terciptanya
PKL (Praktek Kerja Lapangan);
i.
Adanya PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini);
j.
Pendidikan wajib 9th;
Penjelasan :
a.
Guru Pamong
Pamong
itu singkatan dari pendidikan oleh masyarakat, orang tua dan guru. Jadi, guru
bukan hanya guru yang ada disekolah, melainkan guru itu bisa seperti kakak,
ibu, ayah, teman, tetangga dan semua lapisan masyarakatpun bisa berperan menjadi
guru dalam pembentukan sebuah karakter, dan kinerja seperti ini seringkali
berhasil.
b.
System KBK
System
KBK yaitu suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan
melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu,
sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik berupa penguasaan terhadap
seperangkat kompetensi tertentu. Kurikulum Berbasis Kompetensi ini bisa
diartikan juga sebagai seperangkat rencana dan pengaturan kompetensi dan hasil
belajar yang harus dicapai peserta didik, untuk meningkatkan pengembangan
kemampuan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap peserta didik itu sendiri,
sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan nasional.
c.
KKN
Kuliah
Kerja Nyata atau yang biasa disebut dengan KKN yaitu praktek penerapan ilmu
pengetahuan yang bersifat interdisipliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan
dikembangkan oleh fakultas jurusan sebagai suatu bagian dari program UIN secara
keseluruhan. KKN merupakan kewajiban intrakulikuler, dilaksanakan dengan cara
menempatkan mahasiswa dari suatu tingkat studi tertentu dalam kesatuan antar
disiplin ilmu pengetahuan didaerah pedesaan yang meliputi sejumlah desa dalam
waktu tertentu.
d.
Terciptanya Sekolah Menengah Kejuruan
(SMK)
Sekolah
Menengah Kejuruan yaitu suatu pendidikan yang menghubungakan, menjodohkakn,
melatih manusia agar memiliki kebiasaan bekerja untuk dapat memasuki dan
berkembang pada dunia kerja (industri), dan SMK merupakan bagian dari system
pendidikan nasional yang bertujuan mempersiapkan tenaga yang memiliki
keterampilan dan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan persyaratan lapangan kerja
dan mampu mengembangkan potensi dirinya dalam menghadapi dan beradaptasi dengan
perkembangan teknologi.
e.
Adanya dana BOS
Dana
BOS merupakan program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia
bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksanaan program wajib belajar, dan
dana BOS tersebut bertujuan untuk membantu siswa yang kurang mampu. “akan
tetapi, banyak orang-orang kaya (orang-orang yang mampu) mengatakan bahwa
dirinya tidak mampu guna untuk mendapatkan dana BOS tersebut”.
f.
Perubahan kurikulum pendidikan
Kurikulum
merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa
kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran
pendidikan yang diinginkan. Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia
dewasa ini salah satu diantaranya adalah karena ilmu pengetahuan itu sendiri
selalu dinamis. Selain itu, perubahan tersebut juga dinilainya dipengaruhi oleh
kebutuhan manusia yang selalu berubah juga pengaruh dari luar, dimana secara
menyeluruh kurikulum itu tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh
prubahan iklim ekonomi, politik, dan kebudayaan. Sehingga dengan adanya
perubahan kurikulum itu, pada gilirannya berdampak pada kemajuan bangsa dan
negara. Kurikulum pendidikan harus berubah tapi diiringi juga dengan perubahan
dari seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia yang harus mengikuti perubahan
tersebut, karena kurikulum itu bersifat dinamis bukan stasis, kalau kurikulum
bersifat statis maka itulah yang merupakan kurikulum yang tidak baik.
“Akan
tetapi, perubahan kurikulum ini belum tentu berhasil karena banyak siswa yang
tidak sanggup untuk mengampu materi pelajaran yang sudah dirubah kurikulumnya”.
g.
Perpustakaan keliling
Perpustakaan keliling sebagai salah satu perangkat pendidikan non
formal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana
diamanatkan oleh UUD 1945. Untuk melaksanakan amanat itu perpustakaan keliling
mempunyai tugas mengumpulkan, memilih, dan menyajikan karya-karya manusia
kepada masyarakat yang tidak terlayani oleh perpustakaan umum.
h.
PKL
PKL
adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara
program pendidikan disekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh
melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat
keahlian tertentu. Maksud dilaksanakan Praktek kerja lapangan ini yaitu selain
sebagai salah satu syarat tugas akhir PKL, PKL juga sebagai kegiatan siswa
untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
“system kinerja ini memang perlu di adakan untuk memudahkan para pelajar dalam
mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya”.
i.
PAUD
Pendidikan
anak usia dini suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir
sampai dengan usia 6th yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak
memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. PAUD merupakan salah
satu bentuk usaha kesejahteraan anak dengan mengutamakan kegiatan bermain yang
menyelenggarakan pendidikan prasekolah bagi anak usia 3th sampai memasuki
pendidikan sekolah dasar.
j.
Pendidikan wajib belajar 9th
Wajib
belajar yaitu suatu tuntutan zaman yang harus dilaksanakan oleh seluruh bangsa
Indonesia baik laki-laki maupun perempuan, usia sekolah 6-15th hal ini
menjadi tugas pemerintah sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yang
berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”, dari kalimat tersebt maka pemerintah
harus bersikap sentral dalam bidang pendidikan, untuk dapat mencerdaskan
kehidupan bangsa pemerintah menyelenggarakan pendidikan, dan salah satu program
pemerintah dalam pendidikan yaitu wajib belajar 9th. “Tapi, msih
banyak kalangan masyarakat yang belum mampu sehingga anak-anak mereka putus
sekolah karena tidak mempunyai biaya, dan ada juga anak-anak yang belum paham
dalam arti pendidikan sehingga mereka tidak mementingkan pendidikan yang
seharusnya mereka dapatkan”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar