Jumat, 25 Juli 2014

BENTUK – BENTUK INOVASI PENDIDIKAN




PENGANTAR PENDIDIKAN
(BENTUK – BENTUK INOVASI PENDIDIKAN)

FKIP baru.jpg

Oleh :
NAMA              : CITRA AULIA WULANDARI
NIM                    : E1C113024
PRODI              : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (Reg.Sore)



FAKULTAS KEGURUN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
2013


BENTUK-BENTUK INOVASI PENDIDIKAN
Soal :
1.      Berikan 10 contoh - contoh usaha inovasi pendidikan dalam pemerintah dan masyarakat?


Jawaban :
1.      Contoh-contoh usaha inovasi pendidikan dalam pemerintah dan masyarakat yaitu :
a.       Adanya guru pamong;
b.      System KBK (Kinerja Berbasis Kompetensi);
c.       Adanya prinsip kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata);
d.      Terciptanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK);
e.       Adanya dana BOS yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu;
f.       Perubahan kurikulum pendidikan;
g.      Adanya perpustakan keliling;
h.      Terciptanya PKL (Praktek Kerja Lapangan);
i.        Adanya PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini);
j.        Pendidikan wajib 9th;


Penjelasan :
a.       Guru Pamong
Pamong itu singkatan dari pendidikan oleh masyarakat, orang tua dan guru. Jadi, guru bukan hanya guru yang ada disekolah, melainkan guru itu bisa seperti kakak, ibu, ayah, teman, tetangga dan semua lapisan masyarakatpun bisa berperan menjadi guru dalam pembentukan sebuah karakter, dan kinerja seperti ini seringkali berhasil.

b.      System KBK
System KBK yaitu suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Kurikulum Berbasis Kompetensi ini bisa diartikan juga sebagai seperangkat rencana dan pengaturan kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai peserta didik, untuk meningkatkan pengembangan kemampuan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap peserta didik itu sendiri, sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan nasional.

c.       KKN
Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut dengan KKN yaitu praktek penerapan ilmu pengetahuan yang bersifat interdisipliner yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dikembangkan oleh fakultas jurusan sebagai suatu bagian dari program UIN secara keseluruhan. KKN merupakan kewajiban intrakulikuler, dilaksanakan dengan cara menempatkan mahasiswa dari suatu tingkat studi tertentu dalam kesatuan antar disiplin ilmu pengetahuan didaerah pedesaan yang meliputi sejumlah desa dalam waktu tertentu.
  
d.      Terciptanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Sekolah Menengah Kejuruan yaitu suatu pendidikan yang menghubungakan, menjodohkakn, melatih manusia agar memiliki kebiasaan bekerja untuk dapat memasuki dan berkembang pada dunia kerja (industri), dan SMK merupakan bagian dari system pendidikan nasional yang bertujuan mempersiapkan tenaga yang memiliki keterampilan dan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan persyaratan lapangan kerja dan mampu mengembangkan potensi dirinya dalam menghadapi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

e.       Adanya dana BOS
Dana BOS merupakan program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksanaan program wajib belajar, dan dana BOS tersebut bertujuan untuk membantu siswa yang kurang mampu. “akan tetapi, banyak orang-orang kaya (orang-orang yang mampu) mengatakan bahwa dirinya tidak mampu guna untuk mendapatkan dana BOS tersebut”.
f.       Perubahan kurikulum pendidikan
Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia dewasa ini salah satu diantaranya adalah karena ilmu pengetahuan itu sendiri selalu dinamis. Selain itu, perubahan tersebut juga dinilainya dipengaruhi oleh kebutuhan manusia yang selalu berubah juga pengaruh dari luar, dimana secara menyeluruh kurikulum itu tidak berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh prubahan iklim ekonomi, politik, dan kebudayaan. Sehingga dengan adanya perubahan kurikulum itu, pada gilirannya berdampak pada kemajuan bangsa dan negara. Kurikulum pendidikan harus berubah tapi diiringi juga dengan perubahan dari seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia yang harus mengikuti perubahan tersebut, karena kurikulum itu bersifat dinamis bukan stasis, kalau kurikulum bersifat statis maka itulah yang merupakan kurikulum yang tidak baik.
“Akan tetapi, perubahan kurikulum ini belum tentu berhasil karena banyak siswa yang tidak sanggup untuk mengampu materi pelajaran yang sudah dirubah kurikulumnya”.

g.      Perpustakaan keliling
Perpustakaan keliling sebagai salah satu perangkat pendidikan non formal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Untuk melaksanakan amanat itu perpustakaan keliling mempunyai tugas mengumpulkan, memilih, dan menyajikan karya-karya manusia kepada masyarakat yang tidak terlayani oleh perpustakaan umum.

h.      PKL
PKL adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan disekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Maksud dilaksanakan Praktek kerja lapangan ini yaitu selain sebagai salah satu syarat tugas akhir PKL, PKL juga sebagai kegiatan siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. “system kinerja ini memang perlu di adakan untuk memudahkan para pelajar dalam mengetahui dunia kerja yang sesungguhnya”.

i.        PAUD
Pendidikan anak usia dini suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6th yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. PAUD merupakan salah satu bentuk usaha kesejahteraan anak dengan mengutamakan kegiatan bermain yang menyelenggarakan pendidikan prasekolah bagi anak usia 3th sampai memasuki pendidikan sekolah dasar.


j.        Pendidikan wajib belajar 9th
Wajib belajar yaitu suatu tuntutan zaman yang harus dilaksanakan oleh seluruh bangsa Indonesia baik laki-laki maupun perempuan, usia sekolah 6-15th hal ini menjadi tugas pemerintah sesuai dengan pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”, dari kalimat tersebt maka pemerintah harus bersikap sentral dalam bidang pendidikan, untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa pemerintah menyelenggarakan pendidikan, dan salah satu program pemerintah dalam pendidikan yaitu wajib belajar 9th. “Tapi, msih banyak kalangan masyarakat yang belum mampu sehingga anak-anak mereka putus sekolah karena tidak mempunyai biaya, dan ada juga anak-anak yang belum paham dalam arti pendidikan sehingga mereka tidak mementingkan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar